SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SELOPURO SELOPURO NYAWIJI

Artikel

Visi dan Misi

24 Agustus 2016 10:48:28  Administrator  458 Kali Dibaca 

Visi dan Misi

Visi

Visi adalah sebuah gambaran yang diinginkan tentang keadaan masa depan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa yang ada.Penyusunan visi Desa Selopuro ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif,melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di desa Selopuro seperti pemerintahan desa,BPD,LPMD,Tokoh masyarakat,Tokoh Agama dan masyarakat desa  pada umumnya. Dengan mempertimbangkan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan Pitu dan kabupaten Ngawi,maka mendasar pada pertimbangan diatas Visi Desa Selopuro adalah :

“B A N G K I T”

( BERSIH, ANGGUN, KUAT,INDAH,TENTRAM )

 

Visi merupakan Visi Kepala Desa terpilih dan sebagai pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Selopuro harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi Kepala Desa adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Selopuro merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap 6 (enam) tahun sekali.

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

 

 Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi desa  sebagai berikut:

Hakekat Misi Desa Selopuro merupakan turunan dari Visi Desa Selopuro. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Selopuro merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Selopuro.

Dengan penjabaran maka Misi desa Selopuro adalah:

1.Bersih        : Menciptkan Lingkungan Desa yang bersih dan pelaku pemerintahan yang bersih.(Good Governance )

2.Anggun       : Memujudkan tatanan pembangunan desa yang Anggun.

3.Kuat           : Memujudkan Masyarakat yang memiliki persatuan yang kuat dalam kemajemukan tradisi,budaya dan adat.

4.Indah : menciptakan Tata Desa yang Indah.

  1. Tenteram : mewujudkan Suasana Masyarakat yang Tenteram.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 1.335 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 824 Kali
Sejarah Desa
01 Februari 2023 | 615 Kali
Tangkal Hoax Isu Penculikan Anak, Bhabinkamtibmas Desa Selopuro Beserta Kanit Reskrim Sambang Sekola
29 Juli 2013 | 556 Kali
Profil Desa
08 September 2022 | 459 Kali
Musdes Penyusunan Rancangan RKPdes Tahun 2023 Dan DU RKPdes Tahun 2024 Desa Selopuro
24 Agustus 2016 | 458 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 458 Kali
Data Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngawi-TPA Dsn. Sepreh Rt. 01 Rw. 01 Desa Selopuro Kec. Pitu
Desa : Selopuro
Kecamatan : Pitu
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63252
Telepon :
Email : selopurodesa@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:29
    Kemarin:103
    Total Pengunjung:73.375
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.102.82
    Browser:Mozilla 5.0